Penjelasan Undang-undang Menyangkut Perlindungan Anak

Hukum-dps.blogspot.com Anak adalah karunia Tuhan yang paling Berharga yang seharusnya dijaga agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi penerus-penerus Bangsa. Seorang anak mempunyai Hak dan Martabat sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Didalam Hukum, seorang Anak adalah pembawa hak sejak ia dilahirkan.

Ini Tercantum jelas didalam Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Orang tua dan keluarga wajib menjaga Hak asasi tersebut sesuai dengan kewajiban yang dibebankan oleh hukum.

Undang-undang yang mengatur mengenai Perlindungan Anak terdapat pada pasal 23 Tahun 2002 dapat dilihat disini .

Terdapat Pasal 12 yang berbunyi : "Setiap anak yang menyandang cacat berhak memperoleh rehabilitasi, bantuan sosial, dan pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial".
Maksuda dari Pasal diatas adalah : Dimaksudkan untuk menjamin kehidupannya sesuai dengan martabat kemanusiaan, meningkatkan rasa percaya diri, dan kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Pasal 22 yang berbunyi : "Negara dan pemerintah berkewajiban dan bertaggungjawab memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan".
Maksudnya adalah : "Menyediakan sarana dan prasarana seperti sekolah, lapangan olahraga, lapangan bermain, rumah ibadah, balai kesehatan, tempat rekreasi, tempat penitipan anak, dll.

Pasal 46 yang berbunyi : "Negara, Pemerintah, Keluarga, dan orang tua wajib mengusahakan agar anak yang lahir terhindar dari penyakit yang mengancam kelangsungan hidup dan/atau menimbulkan kecacatan.
Maksudnya adalah :  Yang mengancam kehidupan dan kecacatan seperti HIV/AIDS, TBS, Kusta, Polio





Title : Penjelasan Undang-undang Menyangkut Perlindungan Anak
Description : Hukum-dps.blogspot.com   Anak adalah karunia Tuhan yang paling Berharga yang seharusnya dijaga agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi p...

0 Response to "Penjelasan Undang-undang Menyangkut Perlindungan Anak"

Post a Comment

Share ya Sobat..

DAFTAR ISI