Pembunuhan Diatas Kapal Berbendera

Sebuah kapal tangker buatan Canada yang terdaftar di Liberia , berbendera Panama sedang berlayar diperairan laut America serikat. Seorang Awak kapal yang terdapat dikapal itu berkebangsaan Indonesia melakukan Pembunuhan terhadap awak dari Warga Negara Jerman.
Pertanyaannya Hukum Siapakah yang digunakan didalam Kasus Ini?
Jika ada pertanyaan Mengenai Hukum siapa yang dipakai anda akan menjawab apa?



Oke , mungkin pertanyaan ini begitu kompikasi karena menyangkut beberapa Negara. Dalam kasus ini kita harus mempunyai dasar Hukum asas mana yang akan dipakai.
Menurut Saya Hukuman yang akan dipakai adalah Hukum Negara Panama, mengapa? Karena bedasarkan Asas Ekstrateritorial, Kapal tersebut merupakan Kawasan eksrateritorial Negara Panama. Kawasan Ekstrateritorial meliputi Kawasan Kedutaan Besar dan Kapal yang berbendera. Kapal tersebut merupakan wilayah bergerak yang dimiliki oleh Negara Panama, Maka pasal 4 dan 5 KUHP Dapat diterapkan.
Lalu apa yang terjadi apabila pelaku pembunuhan tersebut meloncat ke laut?
Maka Hukum yang berlaku bukan lagi dari Negara Panama, Akan tetapi akan menggunakan asas teritorial Negara yang dilintasinya yaitu Negara Amerika Serika. Maka Yang berwenang mengadilinya adalah Negara Amerika Serikat.
Akan tetapi apabila kapal tersebut tidak mempunyai izin untuk masuk ke wilayah perairan Amerika Serikat, Maka Kapal tersebut dapat diusir dan Pasal 4 dan 5 KUHP tidak dapat diterapkan.
Untuk mempelajari Asas-Asas bisa dilihat disini

Post By : Doly Prima Sianturi
Title : Pembunuhan Diatas Kapal Berbendera
Description : Sebuah kapal tangker buatan Canada yang terdaftar di Liberia , berbendera Panama sedang berlayar diperairan laut America serikat . Seo...

0 Response to "Pembunuhan Diatas Kapal Berbendera "

Post a Comment

Share ya Sobat..

DAFTAR ISI