Pengertian Hukum Pidana

      
Ketertiban dan keamanan dalam masyarakat akan terpelihara bila mana tiap-tiap anggota masyarakat menaati peraturan-peraturan (norma-norma) yang ada dalam masyarakat itu. Peraturan-peraturan ini dikeluarkan oleh suatu badan yang berkuasa dalam masyarakat itu yang disebut pemerintah.

       Namun walaupun peraturan-peraturan ini telah dikeluarkan, masih ada saja orang yang melanggar peraturan-peraturan, misalnya dalam hal pencurian yaitu mengambil barang dan bertentangan dengan hukum (KUHP pasal 362). Terhadap orang ini sudah tentu dikenakan hukuman yang sesuai dengan perbuatan uang tertentangan dengan hukum itu. Segala peraturan-peraturan tentang pelanggaran ( Overtredingen ), Kejahatan(Misdrijven ) , dan sebagaimana diatur oleh Hukum Pidana (strafrecht) dan dimuat dalam satu kitab undang-undang yang disebut Kitab Undang-undang Hukum Pidana (Wetboek van strafrecht) yang disingkat "KUHP".(WvS)  

       Hukum Pidana itu ialah hukum yang mengatur tentang pelanggaran-pelanggaran dan kejahatan terhadap kepentingan umum, perbuatan mana diancam dengan hukuman yang merupakan suatu penderitaan atau siksaan.Dari definisi tersebut dapatlah kita mengambil kesimpulan bahwa, Hukum Pidana itu bukanlah suatu hukum yang mengandung norma-norma yang baru, melainnkan hanya mengatur tentang pelanggaran dan kejahatan terhadap norma-norma hukum mengenai kepentingan Umum.




Title : Pengertian Hukum Pidana
Description :        Ketertiban dan keamanan dalam masyarakat akan terpelihara bila mana tiap-tiap anggota masyarakat menaati peraturan-peraturan (...

1 Response to "Pengertian Hukum Pidana"

Share ya Sobat..

DAFTAR ISI