Metode Analisis Ilmu Hukum Tata Negara


Dalam menganalisis suatu permasalahan di dalam Ilmu Negara, tentulah perlu yang namanya suatu metode yang dapat digunakan sebagai penunutun dan sebagai acuan di dalam memberikan suatu analisa. Didalam Ilmu Hukum Tata Negara, ada beberapa Metode yang digunakan dalam menganalisa suatu permasalahan.
 Antara lain,




1.) Metode Yuridis Normatif
     Metode Ini menggunakan kajian atau pemetaan secara normatif berdasarkan peraturan perundang-undangan (das solen) baik secara vertikal maupun horizontal melalui asas-asas hukum tata negara. Jadi intinya Metode ini mengutamakan Pengumpulan data sebanyak-banyaknya kemudian dikaji dan mencari kebenaran suatu obyek.

2.) Metode Yuridis Sosiologis
    Dalam menganalisa suatu permasalahan, metode ini menggunakan kajian atau pemetaan yuridis dengan pendekatan sosiologis hukum berdasarkan fakta-fakta hukum (das sein) melalui asas-asas hukum tata negara. Jadi metode ini berisi fakta yang mengacu pada kehidupan masyarakan berdasarkan hukum.

3.) Metode Yuridis Polis
    Kajian atau pemetaan secara yuridis dengan pendekatan politik berdasarkan sinergisitas antar hukum dan politik melalui asas-asas hukum tata negara. Artinya, dalam menggunakan metode ini, diharapkan dapat menggumpulkan data-data yang menggabungkan antar hukum dengan politik



Title : Metode Analisis Ilmu Hukum Tata Negara
Description : Dalam menganalisis suatu permasalahan di dalam Ilmu Negara, tentulah perlu yang namanya suatu metode yang dapat digunakan sebagai penunu...

0 Response to "Metode Analisis Ilmu Hukum Tata Negara"

Post a Comment

Share ya Sobat..

DAFTAR ISI